Subscribe:

Pages

Monday, June 03, 2013

Lontong Tahu Blora

Blora memang terkenal dengan sebutan “Kota Sate”. Selain sate ternyata Blora memiliki cita rasa kuliner yang khas dan sudah tidak asing lagi yakni “Lontong Tahu”. Sambal lontong tahu banyak menggunakan kacang tanah goreng. Hal ini menjadikan sambal tidak terlalu pedas dan lebih enak serta sedap. Apalagi lontong di Blora masih dibungkus dengan daun pisang alami. Dijamin akan lebih nikmat.

Bahan yang di butuhkan untuk membuat Lontong Tahu Blora:
  • Lontong, tahu goreng, taoge rebus, kol, bawang merah goreng, daun kucai atau seledri.
  • Bumbu yang dihaluskan atau sambal: kacang tanah, cabe yang sudah digoreng, bawang putih, kecap (biasanya kecap dimasak lagi ditambahi bumbu sehingga rasanya lebih enak dan sedap), jeruk nipis.
  • Pelengkap : krupuk atau tempe goreng.
Cara membuatnya:
Masukkan kacang tanah, cabe, bawang putih ke dalam ulekan. Kemudian ulek atau haluskan. Selama mengulek, tambahkan kecap. Terakhir tambahkan irisan jeruk nipis.

Cara penyajiannya:
Siapkan lontong yang sudah diris kecil-kecil di piring, di atasnya dikasih tahu goreng yang sudah dipotong dadu, taoge rebus serta kol. Siram dengan bumbu atau sambal yang sudah dihaluskan tadi, di atas sambal tidak lupa ditaburi bawang merah goreng, kacang goreng serta kucai atau daun seledri. Sebagai pelengkap tambahkan krupuk atau tempe goreng.

Saat berkunjung ke Blora tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi lontong tahu Blora. Lontong tahu dengan mudah dapat ditemui di berbagai tempat. Utamanya di tepi jalan raya atau jalan utama. Hanya dengan harga yang rata-rata Rp. 5.000,- per porsi kita sudah bisa menikmati lontong tahu khas Blora.



0 komentar:

Post a Comment